Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Summarize It

> 1024×768 A. Media Pembelajaran
1. Pengertian Media Pembelajaran
Secara bahasa, media berarti perantara atau pengantar. Menurut Association for Education and Comunication Technology (AECT) atau Asosiasi Teknologi dan Pendidikan yang berada di Amerika mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi (Asnawir dan Usman, 2002: 01)
Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi menyampaikan pesan pembelajaran (Rosyidi, 2009: 19). Media pembelajaran sering digunakan oleh pengajar dalam menyampaikan informasi dengan tujuan mempermudah menyampaikan pesan.
Sedangkan menurut Gagne dan Brings mengemukakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran.Alat tersebut dapat berupa buku, radio, kaset, film, slide dan lain sebagainya. Media merupakan segala peralatan yang mengandung materi pembelajaran.
Gerlach dan Ely memberikan pengertian media secara luas dan sempit (Rosyidi, 2009: 26). Adapun media pembelajaran secara luas adalah setiap orang, materi atau peristiwa yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Jadi media tidak hanya berupa benda atau alat-alat yang dipakai dalam pembelajaran. Disini guru yang berlaku sebagai pengajar juga termasuk dalam kategori media. Sedangkan secara sempit Gerlach dan Ely memberikan pengertian media sebagai sarana nonpersonal (bukan manusia) yang digunakan oleh guru yang memegang peranan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan.
Berbagai macam pengertian media dikemukakan oleh para ahli. Dari semua pengertian tersebut pada dasarnya media merupakan perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi pembelajaran. Mengenai bentuknya sangatlah variatif baik yang berupa buku, film maupun alam.
2. Macam-macam Media Pembelajaran
Menurut Rudi Bretz media secara umum dapat dibedakan menjadi tiga yaitu media suara, visual dan gerak. Namun media tesebut masih dapat dibedakan lagi sehingga Rudi Bertz membedakan media menjadi 8 diantaranya (Asnawir dan Usman, 2002:27):
a. Media audio visual gerak
b. Media audio visual diam
c. Media audio semi gerak
d. Media visual gerak
e. Media visual diam
f. Media visual semi gerak
g. Media audio
h. Media cetak
Menurut Oemar Hamalik, media dapat diklasifikasikan menjadi empat yaitu (Asnawir dan Usman, 2002:29):
a. Alat-alat visual seperti transparasi, papan tulis, gambar, poster, peta, globe.
b. Alat-alat auditif yang hanya dapat didengar seperti radio, tape recorder dan rekaman.
c. Alat yang bisa didengar dan dilihat misalnya film, televisi.
d. Dramatisasi, bermain peran, sosio drama, sandiwara dan lain sebagainya.
Sedangkan menurut Gagne, media dapat diklasifikasikan menjadi 7 macam pengelompokan. Macam-macam media menurut Gagne adalah benda yang didemonstrasikan, komunikasi lisan, gambar cetak, gambar gerak, gambar diam, film bersuara dan mesin belajar.
Media juga dapat diklasifikasikan menjadi media poyeksi dan media non proyeksi. Media proyeksi merupakan media yang penggunaannya dapat ditayangkan seperti tranparasi, OHP, LCD dan lain sebagainya. Sedangkan media nonproyeksi adalah media yang tidak dapat ditayangkan seperti misalnya media asli, gambar dan lain sebagainya.

Diterbitkan di: 03 Oktober, 2011

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2216177-pengertian-media-pembelajaran/#ixzz1ccJ81216

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s